Literature Review : Penerapan Terapi Story Telling Terhadap Kecemasan Anak Prasekolah Akibat Hospitalisasi

Literature Review : Penerapan Terapi Story Telling Terhadap Kecemasan Anak Prasekolah Akibat Hospitalisasi

Authors

  • Wahyu Tri Astuti Akper Karya Bhakti Nusantara Magelang
  • Naurotul Faiqoh Akper Karya Bhakti Nusantara Magelang

DOI:

https://doi.org/10.56186/jkkb.82

Keywords:

hospitalisasi, kecemasan, story telling

Abstract

Latar belakang : Cemas merupakan dampak dari hospitalisasi yang dialami oleh anak karena menghadapi stressor yang ada dilingkungan rumah sakit. Bentuk perasaan cemas yang muncul seperti anak gelisah, anak rewel, menangis, kondisi tersebut tentunya memerlukan strategi yang terpat agar anak prasekolah yang dirawat dirumah sakit dapat menerima tindakan medis atau keperawatan yang diprogramkan. Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah terapi mendongeng, dengan mendongeng dapat membantu membuka pikiran anak dan dapat merubah presepsi anak terhadap stress menjadi kondisi yang tidak menakutkan. Tujuan : Mengetahui efektifitas terapi story telling/mendongeng terhadap kecemasan anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Metode : Artikel ilmiah menggunakan pendekatan eksploratif dengan metode dan desain literature riview ini dengan mengambil sumber-sumber yang dilakukan pada tanggal 15 Juni sampai 25 Agustus 2020 dengan penelitian Google Shoolar yang sesuai dengan kata kunci dan kriteria diantaranya jurnal nasional bahasa Indonesia, terbit 10 tahun terakhir, bukan merupakan jurnal asuhan keperawatan, jurnal yang tidak dapat diakses full text. Hasil : terdapat 265 yang diidentifikasi dan dipublikasi dari tahun 2011-2020. Dari 265 artikel 3 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, yang menunjukkan bahwa terapi mendongeng efektif dapat membantu menurunkan kecemasan. Simpulan : terapi story telling efektif untuk menurunkan kecemasan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi.

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles
Loading...