Pengetahuan Ibu yang Memiliki Balita Tentang Peran dan Fungsi Posyandu Terhadap Motivasi Kunjungan di Posyandu

Pengetahuan Ibu yang Memiliki Balita Tentang Peran dan Fungsi Posyandu Terhadap Motivasi Kunjungan di Posyandu

Authors

  • Wahyu Tri Astuti Departemen Keperawatan Anak Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara Magelang
  • Nurul Hidayah Departemen Keperawatan Anak Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara Magelang

Keywords:

balita, KLB, motivasi, posyandu

Abstract

Latar belakang : Masyarakat dengan bimbingan dari petugas kesehatan setempat. Berdasarkan data dari sekretaris kementrian koordinator kesejahteraan rakyat adanya kejadian luar biasa (KLB) pada akhir tahun 2000 seperti penyakit Polio, KEP, Gizi buruk dan lain-lain yang melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia banyak disebabkan karena kurangnya pemberdayaan memanfaatkan posyandu, padahal dari segi APBN tahun 2006, untuk anggaran kegiatan Posyandu nasional sebesar 491,6 milyar. Pemberdayaan adalah upaya peningkatan kemampuan masyarakat untuk berpartisipasi aktif, berperan aktif, bernegosiasi, mempengaruhi dan mengendalikan kelembagaan masyarakatnya secara bertanggung gugat demi perbaikan kehidupannya. Tujuan : mendiskripsikan tingkat pengetahuan ibu yang memiliki balita peran dan fungsi posyandu terhadap motivasi kunjungan di posyandu Dusun Sucen Desa Secang Lor Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Desain penelitian : Deskriptif. Sampel : sebanyak 23 responden. Hasil penelitian : pengetahuan baik tentang peran dan fungsi posyandu sebanyak 20 responden (62,5%), motivasi kunjungan yang tinggi yaitu sebanyak 3 responden (81,2%) dan pengetahuan baik motivasi kunjungan tinggi yaitu 19 responden (59,3%). Simpulan : Tingkat pengetahuan responden tentang peran dan fungsi Posyandu termasuk dalam kategori baik, motivasi kunjungan responden diposyandu dalam kategori tinggi, dan tingkat pengetahuan ibu yang memiliki balita tentang peran dan fungsi posyandu baik, motivasi kunjungan termasuk dalam kategori tinggi.

Downloads

Published

2018-01-29

Issue

Section

Articles
Loading...