ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN STRATEGI KOPING PADA REMAJA AKHIR DI SMA NEGERI 3 SAMARINDA

ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN STRATEGI KOPING PADA REMAJA AKHIR DI SMA NEGERI 3 SAMARINDA

Authors

  • Lutfi Nur Amalia Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Burhanto Burhanto Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Faried Rahman Hidayat Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.56186/jkkb.198

Keywords:

Kecerdasan emosional, Strategi koping, Remaja akhir

Abstract

Abstrak

Dalam proses kehidupan manusia yang dimana akan terjadi perubahan seperti fisik, social, emosional, dan psikosoisal dari masa transisi kanak-kanak ke masa beranjak dewasa. Orang yang cerdas secara emosional mampu mengendalikan emosi mereka dengan baik dari stres, depresi, kecemasan, atau kemarahan yang berlebihan serta menahan atau menunda kesenangan sementara mereka dalam mengejar tujuan jangka panjang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan strategi koping pada remaja akhir di SMA Negeri 3 Samarinda. Penelitian ini kuantitatif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional, dengan sampel berjumlah 178 menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner kecerdasan emosional TEIQue dan strategi koping Brief Cope Analisa data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil uji statistik antara kecerdasan emosional dengan strategi koping pada remaja akhir didapatkan hasil koefisien korelasi -0,157 dan hasil p value adalah 0,037 kurang dari taraf signifikansi sebesar 0,05. Hal ini terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emsoional dengan strategi koping pada remaja akhir di SMA Negeri 3 Samarinda dan menunjukkan keeratan hubungan lemah dengan arah korelasi negative bahwa semakin rendah kecerdasan emosional yang dimiliki maka semakin adaptif strategi koping yang dilakukannya.

 

 

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Strategi Koping, Remaja Akhir

 

References

Aliyah, P. N., & Sulisworo Kusdiyati. (2021). Pengaruh Perceived Social Support terhadap Psychological Distress pada Remaja SMA di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Psikologi, 1(1), 59–68. https://doi.org/10.29313/jrp.v1i1.226

Amanda, P. . & S. (2022). Studi kasus: Kelelahan (Burnout) Akademik pada Siswa Kelas XII Pasca Kematian Orangtua. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(7), 127–137.

Anjani, S., Sutja, A., & Sekonda, F. A. (2023). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Coping Stress Dalam Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 10 Kota Jambi. 06(01), 4950–4956. https://repository.unja.ac.id/50083/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/50083/5/FULL SKRIPSI.pdf

Ayu, R. K., Suud, F. M., & Suud, F. M. (2022). Emotional Quotient Dan Derajat Depresi Santri Madrasah Aliyah Pesantren Tahfidz Quran. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 7(2), 227–241. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v7i2.13231

Azizah, N., Zulfiani, H., & Husnawati. (2024). Self-Esteem Ditinjau Dari Dukungan Keluarga Dan Jenis Kelamin Pada Siswa Ma Hamzanwadi Nwdi Pancor. Jurnal Kepemimpinan & Pengurusan Sekolah, 9(2), 206–211.

Azzahro, E. A., & Sari, J. D. E. (2021). Faktor Psikososial Dengan Kejadian Depresi Pada Remaja (Studi Pada Siswa Kelas 12 SMA XY Jember). Journal of Community Mental Health and Public Policy, 3(2), 69–77. https://doi.org/10.51602/cmhp.v3i2.54

Bahdar, V. S., Mukaromah, S., & Abdurrahman, A. (2021). Hubungan Verbal Abuse Dengan Tingkat Kecerdasan Emosional Anak Kelas 5 & 6 Di Sdn 012 Balikpapan Kota. Jurnal Keperawatan Wiyata, 2(1), 61. https://doi.org/10.35728/jkw.v2i1.509

Bunga, A., & Komara, P. G. (2021). Mekanisme Koping Pada Remaja Di Desa Ragajaya Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor1. Ardyani Bunga PGK. Mekanisme Koping Pada Remaja Di Desa Ragajaya Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor. Indones J Nurs Sci. 2021;1(1):43–50. Indonesian Journal of Nursing Scientific, 1(1), 43–50. https://journal.khj.ac.id/index.php/ijons/article/view/10

Chintya, R., & Sit, M. (2024). Analisis Teori Daniel Goleman dalam Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini. Journal of Psyehologi and Child Development, 4(1), 159–168. https://doi.org/10.37680/absorbent

Davaei et al., 2022. (2022). the influence of cultural intelligence and emotional intelligence on confilt occurrence and performance in global. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 291–305. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i2.3289

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA, 1(1), 116–133.

Edmawati, M. D. (2023). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rebt Untuk Mengatasi Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian. Empati : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 165–180. https://doi.org/10.26877/empati.v10i2.14182

Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan Kecerdasan Emosional Pada Pemilihan Strategi Coping Pada Mahasiswa yang Bekerja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 39–56. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1.2377

Fitriyani, F. N., & Mustikasari, M. (2023). Hubungan Dukungan Sosial Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Stres Siswa Smp Di Jakarta Timur. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 8(2), 73. https://doi.org/10.32419/jppni.v8i2.471

Hanifa, Q. L. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Koping Religius Terhadap Resiliensi Penyintas Covid-19.

Health, W. O. (2024). Adolescent Health.

Kasar, K. S., & Karaman, E. (2021). Life in Lockdown: Social isolation, Loneliness and quality of life in the elderly during the COVID-19 Pandemic: A Scoping Review. Geriatr Nurs, 42(5), 1222–1229.

Khairunnisa, Hana., Rohim, Abdal., Aini, K. (2022). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Strategi Coping Stress Pada Siswa Remaja Kelas XII Di SMA Negeri 1 Cilimus Kabupaten Kuningan Tahun 2022.

Kurniawaty, Y., & Purnama, N. L. A. (2023). Strategi Koping Berhubungan dengan Stres Remaja SMA di Surabaya. Jurnal Keperawatan Stikes Kendal, 15(03), 1139–1148.

Lazarus, Richard & Folkman, S. (1984). Managing Stress: Mindfulness-Based Strategies. Stress Apraisal and Coping.

Lubis, R., Nabila, P., Nasution, N. I., Azzahra, L., & Andina, F. (2024). Evolusi Remaja Usia 17-19 Tahun: Analisis Pertumbuhan dan Perkembangannya. 7, 7899–7906.

Mariatul, Dhian Ririn Lestari, & Eka Santi. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Efikasi Diri Remaja Di SMAN 1 Banjarmasin. Journal of Nursing Invention, 5(1), 53–64. https://doi.org/10.33859/jni.v5i1.551

Mayer, J. D., Roberts, R. D., & Barsade, S. G. (2008). Human abilities: Emotional intelligence. Annual Review of Psychology, 59(May 2014), 507–536. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.59.103006.093646

Mitra, Anggara, C. R., & Prayoga, A. D. (2024). Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga dan Religiusitas Terhadap Kesehatan Mental di SMKN 02 Kota Bengkulu. DAWUH: Da’wah & Education Journal, 5(1), 20–26.

Moradi, A., Pishva, N., Ehsan, H. B., Hadadi, P., & Farzaneh, P. (2011). The relationship between coping strategies and emotional intelligence. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 748–751. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.146

Nugroho, B. A., Soetjiningsih, C. H., & Setiawan, A. (2019). Dukungan Sosial Orangtua, Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Sebagai Prediktor Stres Akademik Siswa Smk Negeri 1 Kedung. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 140–154. https://doi.org/10.51353/inquiry.v10i2.327

Pambudhi, Y. A., Marhan, C., Fajriah, L., & Abas, M. (2022). Strategi Coping Stress Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 110. https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.22315

Panggah Utama, F. (2019). Strategi Coping Pada Remaja Putri Di Sma Negeri 1 Wanadadi. Jurnal Fokus Konseling, 5(2), 130–134.

Potter&Perry. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, dan Praktik (4th ed.). EGC.

Pratiwi, P. Ay. (2024). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Pada Mahasiswa Dalam Penyelasaian Skripsi Dimediasi Oleh Efikasi Diri Akademik.

Rahadi, Yolly, Handayani, H. (2024). Hubungan kecerdasan emosional, mekanisme koping, dan pola asuh terhadap depresi pada siswa sma negeri x di wilayah lombok barat. Ganec Swara, November, 2333–2340.

Rismelina, D. (2020). Pengaruh Strategi Koping dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswi Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2).

Rosyidah, Fathimatur, H. (2024). Konsep Diri Masa Remaja Akhir Dalam Pengambilan Keputusan Karier Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 571–580. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4707

Schwartz, S. H., Cieciuch, J. V., Michele Davidov, E., Fischer, R. B., Constanze Ramos, A., Verkasalo, M., Lönnqvist, J.-E., Demirutku, K., Dirilen-Gumus, O., & Konty, M. (2012). Refining the theory of basic individual values. Journal of Personality and Social Psychology, 103(4), 663–688.

Shin, Y., Hur, W.-M., & Park, K. (2021). The Power of Family Support: The Long-Term Effect of Pre-Covid-19 Family Support on Mid-Covid-19 Work Outcomes. Int J Environ Res Public Health, 18(19).

Silfiasari. (2023). Kecerdasan Emosional terhadap Strategi Coping pada Mahasiswa yang Bekerja. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v3i1.1956

Siti Chairani, L., Latifah, M., & Muflikhati, I. (2023). Kesejahteraan Psikologis Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19: Peran Kecerdasan Emosional, Dukungan Sosial, Dan Strategi Koping. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 15(2), 328–342. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v15i2.2198

Steinberg, L. (2014). Adolescence (10th ed.). Mc-Graw Hill Companies.

Tahali, U. I., & Purnamaningsih, E. H. (2019). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Koping pada Gamer. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(2), 59. https://doi.org/10.22146/gamajop.43438

Thoits, P. A. (2021). Mechanisms Linking Social Ties and Support to Physical and Mental Health. J Health Soc Behav, 62(2).

Tiara Putri Pertiwi, Maida Riyani, Zahra Atha Assyifa, & Devi Wulandari. (2024). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Problem Focused Coping Pada Mahasiswa Berorganisasi Di Universitas Paramadina. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 14(02). https://doi.org/10.51353/inquiry.v14i02.592

Umadiyan, S., & Kalifia, A. D. (2024). Perbedaan Respon Emosional Antara Remaja Perempuan Dan Laki- Laki Terhadap Faktor-Faktor Penyebab Depresi. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 293–296.

Winayanti, R. D. (2024). Emotional Intelligence and Problem Focused Coping for Managing Student ’ s Stress Level During Writing Thesis Kecerdasan Emosional dan Problem Focused Coping untuk Mengelola Tingkat Stres Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. 13(2), 299–305.

Yoduke, F., Daulima, N. H. ., & Mustikasari, M. (2023). Peran Guru Pai Dalam Bimbingan Dan Konseling Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Di Sekolah Dasar. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 4(1), 16–24.

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Analisa kecerdasan emosional remaja tahap akhir berdasarkan jenis kelamin. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 477–484.

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles
Loading...