PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA PADA REMAJA DI KELAS XI PEMASARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAKTI UTAMA PATI

PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA PADA REMAJA DI KELAS XI PEMASARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAKTI UTAMA PATI

Authors

  • Triana Widiastuti Program Studi Sarjana Kebidanan, STIKES Bakti Utama Pati
  • Lailatul Mustaghfiroh Program Studi Sarjana Kebidanan, STIKES Bakti Utama Pati
  • Sri Wahyuni Program Studi Sarjana Kebidanan, STIKES Bakti Utama Pati

DOI:

https://doi.org/10.56186/jkkb.141

Keywords:

Penerapan, Pola Asuh, Orang tua, Remaja, Applicability, Parenting, Parent, Youth

Abstract

Abstrak

Latar Belakang: Kualitas rumah tangga dan keluarga atau kehidupan jelas memainkan peran paling besar dalam membentuk kepribadian remaja. Perkembangan remaja juga sangat rentan terhadap pengeruh lingkungan. Penerapan pola asuh yang sesuai pada remaja salah satu cara menghindari perilaku yang tidak sehat Tujuan dari penelitian ini mendiskripsikan pola asuh orang tua pada remaja di Kelas IX pemasaran SMK Bakti Utama Pati. Metode penelitian ini deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas XI  sejumlah 68 siswi yang diambil secara total sampling. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan kuesioner. diolah secara editing, coding, tabulating, serta dianalisis secara univariat. Hasil penelitian pola asuh orang tua pada remaja menunjukan sebagian besar  mendapatkan pola asuh orang tua yang  demokratis, yaitu sebanyak 59 responden (86.8%), sebanyak 7 responden (10.3%) mendapatkan pola asuh yang otoriter, sebanyak 2 responden (2.9%) mendapatkan pola asuh yang serba boleh. Kesimpulan Sebagian besar pola asuh yang diberikan orang tua pada siswa kelas IX pemasaran SMK Bakti Utama Pati adalah pola asuh demokratis.

Kata Kunci:   Penerapan, Pola Asuh, orang tua, Remaja

 

Abstract

Background: The quality of household and family or life clearly plays the most role in shaping a teenager's personality. Juvenile development is also very vulnerable to environmental turbidity. The application of appropriate parenting in adolescents is one way to avoid unhealthy behavior The purpose of this study describes the parenting style of parents in adolescents in Class IX marketing of SMK Bakti Utama Pati. This research method is descriptive with a cross sectional approach. The population in this study was all class XI students totaling 68 female students who were taken in total sampling. Collection of research data using questionnaires. processed by editing, coding, tabulating, and analyzed univariately. The results of the parenting research in adolescents showed that most of them got democratic parenting, namely as many as 59 respondents (86.8%), as many as 7 respondents (10.3%) got authoritarian parenting, as many as As many as 2 respondents (2.9%) received a versatile parenting style. Conclusion Most of the parenting styles given by parents to grade IX marketing students of SMK Bakti Utama Pati are democratic parenting styles

Keywords: Applicability, Parenting, Parent, Youth

 

References

Adawiah, R. (2019). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7 (1), 33–48.

Anisah, A. S. (2019). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5 (1), 70-84.

Aziz, A. (2017). Metode penelitian kebidanan teknik analisis data. Salemba Medika.

Chairiyah, Royani, et al. (2022). Pengantar Psikologi Kebidanan. Global Eksekutif Teknologi.

Darmawan, A. (2018). Psikologi perkembangan remaja. Ghalia Indonesia.

Davies, S. et al. (2018). Relationship between parenting styles and risk behaviours in adolescent health: an integrative literature review. Rev Latino Enfermagem Janeiro-Fevereiro, 16 (1), 142–150.

Fellasari, F. (2020). Hubungan antara pola asuh orangtua dengan kematangan emosi remaja. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kemenkes, P. (2018). Kesehatan remaja problem dan solusinya. Salemba Medika.

Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Aswaja.

Mufhlikhati, I. dkk. (2020). Pola asuh akademik, ketersediaan stimulasi dan prestasi akademik pada remaja dengan perbedaan latar belakang pendidikan sekolah. Departemen Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 5 (2), 37–52.

Nugraheni, H. & Widiana, A. A. (2020). Hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian pada remaja. Universitas Setia Budi Surakarta.

Rachmawaty, F. (2022). Peran pola asuh orang tua terhadap kecemasan sosial pada remaja. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10 (1), 35–47.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4 (1), 23-29.

Ungsianik, Titin, and T. Y. (2020). Pola asuh orang tua dan perilaku seksual berisiko pada remaja. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20.3, 185–194.

Utami, Adristinindya Citra Nur, and S. T. R. (2021). Pola asuh orang tua dan kenakalan remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4 (1), 1–15.

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles
Loading...