KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA

KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA

Authors

  • Rusminah Rusminah Akper Karya Bhakti Nusantara Magelang
  • Siswanto Siswanto Akper Karya Bhakti Nusantara Magelang
  • Akbar Ferdiansyah Akper Karya Bhakti Nusantara Magelang

DOI:

https://doi.org/10.56186/jkkb.134

Keywords:

Kecanduan Game Online, Perilaku Agresifitas, Aggresive Behaviour, Online Game Addiction

Abstract

Abstrak

Kecanduan game online adalah penggunaan internet  terus-menerus, berulang  bermain game sehingga merusak hubungan kehidupan nyata, yang bersangkutan tidak mampu mengendalikan dan menghentikannya. Game yang banyak disukai adalah versi permainan kekerasan misal PUBG. Bermain terus–menerus pemain menghayati peran kekerasan pada akhirnya menginternalisasi perilaku kekerasan dalam dirinya. Tujuan: Untuk menganalisis tingkat kecanduan dan jenis game online yang berdampak pada perilaku agresif remaja pemain game online. Metode:Deskriptif analitik dengan pendekatan studi literatur review dari penelitian tentang pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku agresif pada remaja. Sampel penelitian sesuai kriteria inklusi dan eklusi yang dipilih dengan tehnik total sampling. Hasil: Populasi remaja berusia 13 – 18 tahun rentan mengalami perilaku agresif dengan jenis permainan versi kekerasan, pertarungan; bentuk kekerasan yang paling ringan ditampilkan remaja adalah agresivitas verbal seperti berteriak keras, berkata kasar.

Kata kunci: Kecanduan Game Online, Perilaku Agresifitas.

 

 

Abstract

Online game addiction is the countinous, repeated use of the internet to play games so that it destroys the relationship with real life, takes up a lot of time, the person is unable to control or stop it. The most popular games are versions of violent games such as PUBG. Playing continuously makes the players live the role of violence which ultimately internalizes violent behavior within them. Objective: This study aims to analyze the level of addiction and types of online games that have an impact on aggressive behavior in adolescent online game players. Methods: This research is an analytical descriptive study with a literature review approach from previous studies on the influence of online game addiction on aggressive behavior in adolescents. The sample used was 3 research journals according to the inclusion and exclusion criteria selected by total sampling technique. Results: The population of adolescents aged 13 - 18 years is prone to experience aggressive behavior with the type of game version of violence, fighting; form of violence displayed by adolescents is verbal aggressiveness such as shouting loudly, saying rude things.

Keywords: Aggressive Behavior, Online Game Addiction.

 

References

Affandi. M. 2013. “Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Pelajar”. Dalam Ejornal Ilmu Komunikasi. Vol 1. No 4. Samarinda: Universitas Samarinda.

Anderson, G.L & Weise C. 2011. “Pengobatan yang Disampaikan Melalui Internet Untuk Meningkatkan Kesehatan dan Pendapat Psikiatri”. Cambridge: Anglia Ruskin University.

Amanda. A. 2016. “Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja Di Samarinda”, dalam Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 4. No.1. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Andrita, A, dkk. 2019. “Hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku Agresif pada Remaja” dalam e-journal Keperawatan. Volume 7. Nomor 1. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Anggarani, F.K. 2015. “Internet Gaming Disorders: Psikopatologi Budaya Modern” dalam Jurnal Buletin Psikologi. Volume 23. Nomor 1. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Anggraeni, R, dkk. 2020. “Game Online Berhubungan Dengan Perilaku Agresifitas”dalam Jurnal Ilmu Kesehatan Volume 14 Nomor 1. Jakarta: Jurnal Ilmu Kesehatan.

Arjadi. R. 2015. “Adiksi Game Online pada Remaja dan Cara Bijak Menyikapinya” dalam Ejounal Vol 2. No.1. Semarang: UNESA.

Colwell, J & Kato M. 2003 “Investigasi Hubungan antara Isolasi Sosial, Harga Diri, Agresi, dan Bermain Game Komputer Pada Remaja”. Jakarta: Jurnal Psikologi sosial.

Elizabeth. H. 1995. “Psikologi Perkembangan dan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan”. Jakarta: Erlangga.

Fatah. H. 2012. “Psikologi Sosial Remaja Yang Kecanduan Game Online’. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Hermawan, A. 2009. Game Online. Jakarta: PT. Indeks.

Khaerullah. U. & Widyandi. E. 2020. “Tingkat Agresivitas Mahasiswa Universitas Padjadjaran Kampus Garut Yang Mengalami Kecanduan Game Online”, dalam Jurnal Keperawatan BSI Vol 8. No 1. Jawa Tengah; Universitas Padjadjaran.

Khasanah. A. & Livana. P. 2019. “Hubungan Perkembangan Psikososial Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah”, dalam Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa Vol 2. No 3. Jawa Tengah: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal.

Kristianada, D.A. 2016. “Hubungan Antara Adiksi Terhadap Game Online dengan Perilaku Agresif pada Remaja”. Semarang: UNIKA Soegijapranata.

Kustiawan, A.A & Bayu, W.A. 2019. Jangan Suka Game Online. Jawa Timur: CV AE Medika Grafika.

Kurniawati. 2010. “Hubungan Bermain Game Online Terhadap Perilaku Agresif Remaja”. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katholik Soegijapranata.

Latipun. 2003. “Psikologi Konseling”. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Lemmens, J.S & Peter J. 2009. “Pengembangan dan Validasi Skala Kecanduan Game Online untuk Remaja”. Psikologi Media.

Lemmens, J.S & Peter J. 2011. “Efek dari Game Patologis pada Perilaku Agresif”. Jurnal remaja dan pemuda.

Merita. A. 2016. “Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja Di Samarinda” dalam Jurnal Komunikasi. Jombang: Universitas Negeri Jombang.

Muhith, A. 2015. Pendidikan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: PT. Andi.

Murniati. J. & Beatrix S. 2000. “Perbedaan Nilai Remaja Sekarang dengan Generasi Sebelumnya”, dalam Jurnal Psikologi Sosial. Vol 7. No 1. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Pitakasari, A, dkk. 2019. “Hubungan Paparan Game Online Berunsur Kekerasan Terhadap Kejadian Perilaku Agresif pada Remaja” dalam Jurnal Keperawatan Jiwa Volume 5. Nomor 2. Semarang: STIKES Elisabeth.

Rahmawati, D. 2021. “Kecanduan Game Online”. Jakarta: Program Humas Universitas Indonesia.

Safitri, S & Fikrie. 2022. “Hubungan Antara Kecanduan Game Dengan Perilaku Agresif Verbal Pada User Game Online”, dalam Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop. Vol 2. No1. Banjarmasin: Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Wang. C. & Chu. Y. 2007. “Perilaku Obsesif Dalam Bermain Game Online”. Jakarta: Universitas Indonesia.

Wardana, A.K & Nuryono W. 2020. “Studi Kepustakaan Tentang Penanganan Terhadap Adiksi Game Online” dalam Jurnal BK UNESA. Vol 11. No 5. Surabaya: Universitas Surabaya.

Wardana. R. 1999. “Hubungan Gaya Pengasuhan Orang Tua Dalam Pembentukan Identitas Diri Bidang Agama Pada Remaja” dalam Jurnal Psikologi UNPAD. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran.

Yee. 2006. “Demografi, Motivasi, dan Pengalaman yang Diperoleh dari Pengguna Lingkungan Grafis Pengguna Game Online”.

Zhong, Z. 2011. “Pengaruh Permainan Kolektif MMOPRG Terhadap Perilaku Sosial Dalam Kehidupan Nyata dan Sosial Media Pada Pemain Game/ Gamer”.

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles
Loading...