Dampak Dukungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tingkat VI
DOI:
https://doi.org/10.56186/jkkb.106Keywords:
Dukungan Keluarga, Mahasiswa, Prestasi BelajarAbstract
Kebanyakan mahasiswa memiliki kebiasaan bermain media sosial dan game sehingga anak menjadi malas untuk belajar. Hal ini membuat anak mengalami kesulitan belajar dan prestasi belajar menurun. Mahasiswa memerlukan dukungan orang tua dalam mencapai prestasi belajar, baik berupa dukungan emosional, informasi, material, maupun sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap prestasi belajar mahasiswa tingkat III Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling sebanyak 67 mahasiswa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dukungan keluarga sedang (46,3%) dapat membuat mahasiswa mempunyai prestasi belajar yang baik (25,3%) dengan IPK 3,00-3,49, sedangkan dukungan keluarga yang baik hanya menghasilkan 9% mahasiswa berprestasi baik sekali (cumlaude). Lebih lanjut, hasil uji chi square membuktikan bahwa dukungan keluarga berkorelasi positif dengan prestasi mahasiswa.
References
Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1), 16–25. https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677
Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1). https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269
Budiati, Y. M., & Muhadi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi (Lintas Minat) di SMA Negeri 1 Kalasan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(2), 27–36.
Ellis, A., & Blau, S. (1998). The Albert Ellis Reader: A Guide to Well-Being Using Rational Emotive Behavior Therapy. Carol Publishing Group.
Fathurrahman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Teras.
Friedman, H. S., & Schustack, M. W. (2006). Kepribadian: Teori Klasik dan Riset Modern. Erlangga.
Handayani, D. N., & Wahyuni. (2012). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Lansia dalam Mengikuti Posyandu Lansia di Posyandu Lansia Jetis Desa Krajan Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Gaster, 10.
Hidayat, R. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester V Program Studi SI Ilmu Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta.
Ibrahim, I. D. K., Cahyadi, I., Anggriani, R., & Abdurrahman. (2020). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Penggunaan E-Learning Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bumigora). Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2), 265–278. https://doi.org/10.30812/target.v2i2.1016
Maknunah, J. (2015). Hubungan Antara Dukungan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Al Hidayah Karangploso. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Nasiruddin, F. A. Z., & Rapa’, L. G. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 188–193.
Ondang, G. L., Mokalu, B. J., & Goni, S. Y. V. I. (2020). Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fispol Unsrat. Jurnal Holistik, 13(2), 1–15.
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2013). Human Development. Salemba Humanika.
Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Grafindo Litera Media.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Rizki, S. D., Susilawati, & Mariam, I. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Kelas II dan III. Jurnal Keperawatan, 8(1), 74–84.
Safitri, F., & Yuniwati, C. (2016). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 2(2), 154–161.
Sainyakit, B. Y., Sudiwati, N. L. P. E., & Sulasmini. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di SDN Merjosari 02 Kecamatan Lowokwaru Malang. Nursing News, 3(3), 511–521.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Erlangga.
Siswoyo, D., Sulistyono, T., & Dardiri, A. (2007). Ilmu Pendidikan. UNY Press.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Bumi Aksara.
Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 122–128. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882
Yusuf LN, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja,. Remaja Rosdakarya.
Zuliantini, Y., Yusmansyah, & Mayasari, S. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar. ALIBKIN: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.