Penerapan Stimuli toilet training oleh Ibu pada Anak Usia Toddler di Kelompok Bermain dan Tempat Penitipan Anak

Penerapan Stimuli toilet training oleh Ibu pada Anak Usia Toddler di Kelompok Bermain dan Tempat Penitipan Anak

Authors

  • Wahyu Tri Astuti Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara, Magelang, Indonesia
  • Nita Purnamasari Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara, Magelang, Indonesia
  • Lis Nurhayati Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara, Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56186/jkkb.100

Keywords:

Buang air besar, Buang air kecil, Toddler, Toilet training

Abstract

Toilet training pada anak merupakan cara untuk melatih anak agar mampu mengontrol buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Anak harus mampu mengenali dorongan untuk melepaskan atau menahan dan mampu mengkomunikasikannya. Toilet training diharapkan dapat melatih anak untuk mampu BAB dan BAK di tempat yang telah ditentukan. Selain itu, toilet training juga mengajarkan anak dapat membersihkan kotoran sendiri dan memakai kembali celananya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan stimuli toilet training oleh ibu pada anak usia toddler di Kelompok Bermain dan Tempat Penitipan Anak Permata Hati Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden 36 anak usia 1-3 tahun dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif SPSS 25. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan toilet training oleh responden yang menerapkan dengan baik sebanyak 36,11% dan diterapkan sebagian 63,89%. Lebih lanjut, penerapan toilet training terbanyak adalah menerapkan sebagian karena dipengaruhi oleh pendidikan responden SMA, sebagian besar responden bekerja, kualitas perhatian ibu baik, dan lingkungan bersosialisasi responden baik.

References

Depkes RI. (2005). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak.

Hidayat, A. A. A. (2005). Riset Keperawatan dan Tekhnik Penulisan Ilmiah. Salemba Medika.

Hidayat, A. A. A. (2006a). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Salemba Medika.

Hidayat, A. A. A. (2006b). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Salemba Medika.

Irmaatus, S. (2009). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Kesiapan Toilet Training pada Anak Usia 18 – 24 Bulan di Dusun Pandantoyo Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Universitas Gadjah Mada.

Lansky, V. (2006). Tip praktis mengasuh anak. Transmedia.

Nursalam. (2008). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan : pedoman skripsi, tesis, dan instrumen penelitian keperawatan. Salemba Medika.

Oktaria, W. (2009). Stimuli Tumbuh Kembang Anak. Erlangga.

Purnomo, H. B. (2004). Memahami Dunia Anak. Mandar Maju.

Ronald, S. (2001). Ingin Anak Cerdas. Arcan.

Subagyo, Sulasih, A., & Widajati, S. (2010). Hubungan antara Motivasi Stimulasi Toilet Training oleh Ibu dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak Prasekolah. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 1(2), 136–140.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles
Loading...