LITERATURE REVIEW : PENERAPAN TERAPI STORY TELLING TERHADAP KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH AKIBAT HOSPITALISASI

Wahyu Tri Astuti, Naurotul Faiqoh

Abstract


ABSTRAK

 

Latar belakang : Cemas merupakan dampak dari hospitalisasi yang dialami oleh anak karena menghadapi stressor yang ada dilingkungan rumah sakit. Bentuk perasaan cemas  yang muncul seperti anak gelisah, anak rewel, menangis, kondisi tersebut tentunya memerlukan strategi yang terpat agar anak prasekolah yang dirawat dirumah sakit dapat menerima tindakan medis atau keperawatan yang diprogramkan. Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah terapi mendongeng, dengan mendongeng dapat membantu membuka pikiran anak dan dapat merubah presepsi anak terhadap stress menjadi kondisi yang tidak menakutkan. Tujuan : Mengetahui efektifitas terapi  story telling/mendongeng  terhadap  kecemasan anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Metode : Artikel ilmiah menggunakan pendekatan eksploratif dengan metode dan desain literature riview ini dengan mengambil sumber-sumber yang dilakukan pada tanggal 15 Juni sampai 25 Agustus 2020 dengan penelitian Google Shoolar yang sesuai dengan kata kunci dan kriteria diantaranya jurnal nasional bahasa Indonesia, terbit 10 tahun terakhir, bukan merupakan jurnal asuhan keperawatan, jurnal yang tidak dapat diakses full text. Hasil : terdapat 265 yang diidentifikasi dan dipublikasi dari tahun 2011-2020. Dari 265 artikel 3 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, yang menunjukkan bahwa terapi mendongeng efektif dapat membantu menurunkan kecemasan. Simpulan : terapi story telling efektif untuk menurunkan kecemasan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi.

Kata kunci : Hospitalisasi, kecemasan, story telling

 

ABSTRACT  

 

Background: Anxiety is the impact of hospitalization experienced by children because they face stressors in the hospital environment. Forms of feelings of anxiety that appear such as restless children, fussy children, crying, these conditions of course require the right strategy so that preschool children who are hospitalized can receive programmed medical or nursing action. One strategy that can be applied is storytelling therapy, where storytelling can help open children's minds and can change children's perceptions of stress into conditions that are not scary. Objective: To determine the effectiveness of story telling therapy on the anxiety of preschool children experiencing hospitalization. Methods: This exploratory research uses the method and design of this review literature by taking sources carried out from 15 June to 25 August 2020 with Google Shoolar research that matches the keywords and criteria including the Indonesian national journal, published in the last 10 years, is not a nursing care journals, journals that cannot be accessed in full text. Results: 265 identified and published from 2011-2020. Of the 265 articles, 3 articles met the inclusion and exclusion criteria, which showed that storytelling therapy was effective in helping reduce anxiety. Conclusion: story telling therapy is effective in reducing anxiety in preschool children experiencing hospitalization.

 

Keywords: anxiety, hospitalization, story telling


Full Text:

PDF 11-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Keperawatan Karya Bhakti
Published by Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara Magelang
Hit counters