Persepsi Mahasiswa Tentang Umpan Balik Pada Laporan Kasus Yang Kondusif Dalam Mencapai Nilai Akhir Mata Kuliah Keperawatan Medikal Bedah Kompetensi II

Parmilah Parmilah, Tri Suraning W, Retno Lusmiati A

Abstract


Pendahuluan : Nilai akhir mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah Kompetensi II dipengaruhi oleh kualitas laporan asuhan keperawatan yang dibuat oleh mahasiswa. Untuk meningkatkan pencapaian nilai laporan praktik klinik mahasiswa diberikan bimbingan dalam menyusun laporan praktik klinik melalui pemberian umpan balik pada laporan tersebut. Umpan balik yang diberikan pada laporan praktik dapat tertulis pada laporan praktik ataupun lisan pada saat mahasiswa konsultasi laporan, baik tidaknya kualitan laporan mahasiswa tergantung pada persepsi mahasiswa terhadap umpan balik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap umpan balik pada laporan dengan nilai akhir mahasiswa pada Mata Kuliah KMB Kompetensi II. Metode : Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian dilaksanakan tanggal 8 sampai dengan 19 Juni 2015. Responden penelitian sebanyak 55 mahasiswa yang ditentukan secara acak dengan jumlah sampel sejumlah 30 mahasiswa. Pengumpulan data dengan kuesioner dengan metode analisa data univariat dan bivariat menggunakan rumus Pearson’s Product Moment Coefisien. Hasil: Hasil penelitian menunjukan nilai akhir mahasiswa pada Mata Kuliah KMB Kompetensi II 76,7 % sangat memuaskan, persepsi mahasiswa terhadap umpan balik 53,4 mahasiswa merasa senang dan termotivasi dan 46,7% mahasiswa menjadikan umpan balik tersebut sebagai dasar untuk memperbaiki laporannya. Terdapat hubungan yang tinggi antara persepsi mahasiswa tentang umban balik yang kondusif dalam mencapai nilai akhir dengan nilai akhir mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah Kompetensi II dengan koefisien korelasi sebesar 0,60. Simpulan : Temuan penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas bimbingan pada mahasiswa praktik melalui peningkatan berbagai faktor yang mempengaruhi nilai akhir praktik khususnya dalam peningkatan kualitas laporan asuhan keperawatan sehingga akan tercapai nilai akhir mata kuliah praktik klinik. Disamping itu perlu juga diteliti tentang apakah ada faktor lain selain persepsi mahasiswa terhadap umpan balik yang mempengaruhi kualitas laporan mahasiswa.

Kata Kunci : Persepsi, Umpan balik, Nilai Akhir


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Keperawatan Karya Bhakti
Published by Akademi Keperawatan Karya Bhakti Nusantara Magelang
Hit counters